BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian
dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir
eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai
untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti
slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai
semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk
arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah
informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama
bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai komputer.
B. Batasan Masalah
Dalam
makalah ini penulis mencoba menjelaskan:
1. Apa itu yang dimaksud dengan perangkat keras
perangkat keras (hardware)
2. Apa itu yang dimaksud dengan perangkat lunak
(software).
C. Tujuan Penulisan
Tujuan
penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas yang dibrikan oleh Guru Mata
Pelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PERANGKAT KERAS (Hardware)
Perangkat keras komputer adalah semua bagian
fisik komputer, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Perangkat Keras Komputer atau lebih dikenal
dengan hardware mempunyai empat komponen utama yakni input device, central
processing unit (CPU), backing storage (storage devices) dan output devices.
Input devices dan output devices di kelompokkan dalam satu bagian yang disebut
peripheral yang terletak di sisi luar casing komputer. CPU dan backing storage
dikelompokkan sebagai komputer dan biasa terletak di dalam casing utama
computer.
Komponen Perangkat Keras Komputer
1. Perangkat Keras Masukan (Input Device)
Input Device berfungsi sebagai media masukan
data dari luar sistem ke dalam memori dan processor untuk diolah dan
menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat keras yang termasuk ini
diantaranya :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling
penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer yang berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan
perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka
file. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu
port serial, ps2, usb dan wireless.
b. Mouse
Mouse adalah perangkat keras masukan yang digunakan untuk menggerakkan pointer atau kursor. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Light Pen
Light Pen merupakan alat yang berbentuk bolpoin yang berfungsi sebagai memberikan input pada computer dengan cara menyentuh layar monitor. Teknologi ini lebih teliti dari pada layar sentuh. Dengan alat ini operator computer dapat memilih item atau memilih perintah pada layer (seperti klik pada mouse) dengan cara menjepit sisi-sisi light pen tersebut atau dengan menekan pada layer. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
d. Layar Sentuh
Layar Sentuh merupakan layer monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada permukaannya. Dengan menyentuh layar pengguna dapat memilih operasi atau memindahkan kursor. Layer sentuh kurang bagus jika digunakan pada computer pribadi (personal computer) karena pengguna harus sering-sering mengangkat tangannya menyentuh monitor. Disamping itu, layar sentuh tidak memiliki resolusi yang tinggi.
e. Scanner
Scanner merupakan perangkat keras masukan yang
berfungsi untuk memindah suatu obyek sehingga menghasilkan gambar elektronik
dengan menggunakan sinar yang terlihat atau radiasi elektromagnetik lain
seperti sinar laser. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan sebuah obyek
diatas kaca scenner.
f. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan
pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit
ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit
masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
2. Perangkat Keras
Pemroses
Piranti pemroses adalah piranti yang bertugas
memproses masukan yang diterima oleh computer sehingga dihasilkan informasi
yang sesuai dengan kebutuhan, piranti pemroses dalam computer adalah CPU
(Central Processing Unit)
a. Processor
Processor merupakan nama singkat dari
microprocessor dan sering di sebut CPU (Central Processing Unit). Komponen ini
berupa chip (IC/ Intregated Circuit) adalah sekeping silikon yang berukuran
kecil persegi yang mengandung ratusan ribu bahkan sampai jutaan transistor dan
komponen elektrik lainnya. Processor salah satu komponen yang terpenting dalam
sistem komputer, Processor sering disebut sebagai otak komputer karena sebagai
pemroses data. Contoh: Pentium 3. Pentium 4, Celleron, AMD dll.
b. Memory
Memory adalah ruang simpan sementara dalam
chip komputer, memory terbagai atas main memory (penyimpan memory utama) dan
backing storage (penyimpan cadangan).
1. Main
Memory
Komponen ini berfungsi sebagai pengingat, dalam hal ini yang
disimpan memori dan dapat berupa data atau program, diantaranya:
Menyimpan data yang berasal dari piranti masukan sampai dikirim
ke ALU atau CPU untuk diproses.
Menyimpan
data hasil dari pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti pengeluaran.
Menampung program/intruksi yang berasal dari piranti masukan
atau dari piranti sekunder.
Memory dibedakan atas ROM dan RAM. Selain itu ada pula memory
yang di sebut cache memory. ROM (Read Only Memory) merupakan jenis memory yang
isinya tidak hilang walau arus listrik terputus dan pada awalnya isinya hanya
bisa dibaca. ROM BIOS biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output Sistem).
Intruksi dalam BIOS akan dijalankan oleh microprocessor ketika komputer mulai
dihidupkan. RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat
berganti-ganti (bisa dibaca dan ditulis) selama komputer dihidupkan dan
mempunyai sifat mengingat data selama arus listrik tidak terputus. Jika arus
listrik terputus informasi dalam RAM akan hilang.
2.
Backing Storage
Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan
penyimpan semua informasi non aktif di dalam kompouter, penyimpanan ini
dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya
disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya.
c. Motherboard
Motherboard terkadang disebut sistem board,
main board dan plannar. Komponen yang terpasang secara menetap (tak bisa
dilepas) dan slot-slot atau socket untuk memasang komponen yang dapat dilepas,
misalnya sound card, i/o card, cip mikroprosesor dan cip ram. Ada beberapa
motherboard yang telah dilengkapi dengan i/o yang tidak dapat dilepas yang
dikenal onboard.
Slot-slot motherboard memungkinkan pemakai
melakukan ekspansi atau melakukan upgrade, istilah ekspansi merupakan
meningkatkan kemampuan komputer dengan cara menambahkan komponen-komponen
tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang tak tercakup pada sistem sebelumnya.
d. Power Supply
Power Supply berfungsi sebagai pemasok listrik
dalam rangkaian komputer. Masukan komponen ini berupa arus listrik bolak-balik
(AC) selanjutnya catu daya mengonversi arus bolak-balik menjadi arus searah
(DC), arus searah inilah yang sesungguhnya digunakan oleh komponen-komponen
dalam komputer. Catu daya dapat di hidupkan dan dimatikan melalui tombol On-Off
yang terdapat di bagian depan casing komputer.
3. Perangkat
Keras Keluaran (Output Device)
Output device merupakan peralatan yang
berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang
berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun
dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari
output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.
c. Monitor
Monitor peripheral merupakan yang termasuk
dalam softcopy. Ukuran monitor sama seperti ukuran televisi, yakni didasarkan
pada panjang diagonal dari area yang dapat kita lihat. Untuk ukuran monitor
desktop yang saat ini berukuran 14”, 15”, 17”, 19” dan 21” untuk ukuran laptop
yakni 12.1”, 13.3”, dan 14.1”
Untuk ukuran resolosi di tentukan jumlah
piksel (picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan
layer. Misalnya resolosi 1.024 x 768 berarti monitor mengandung 1.024 baris
piksel dan 768 kolom piksel, dengan kata lain jumlah piksel yang tersusun di
monitor sebesar 1.024 x 768 buah. Semakin besar resolosinya maka semakin bagus
kualitas gambar atau tampilan monitor.
Berdasarkan pembuatannya monitor terbagi atas :
1. Monitor CRT (Cathode Ray Tube), memiliki layar
yang terbuat dari tabung hampa, sama seperti tabung televisi hal ini membuat
monitor CRT memiliki ukuran relative besar bila dibandingkan monitor LCD.
2. Monitor Layar Datar (Flat Panel
Display), Menurut jenisnya Layar datar terbagi atas : LCD, LED dan Plasma.
Monitor Layar LCD memanfaatkan dua keeping bahan yang terpolarisasi dengan
ditambah cairan krystal diantara kepingan tersebut. Sinyal listrik yang
dilewatkan melalui melalui cairan kristal akan membuat kristal di dalamnya akan
mencengat cahaya yang lewat.
B. Printer
Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk membuat
cetakan pada kertas, berdasarkan teknologi pencetakan printer dikelompokkan
menjadi : Impact, Printer jenis ini sering disebut hammer, karena pencetakannya
dilakukan dengan memukul sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. Letak pin sangat
berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. Jumlah pin
berkisar antara 9 hingga 24 pin, semakin banyak jumlah pin maka semakin halus
tulisan yang dihasilkan. Keunggulan printer ini terletak pada kemampuan
mencetak dengan kertas rangkap yang tidak bisa dilakukkan printer lain, yang
termasuk printer jenis ini diantaranya :
1. Dot Matrix, (Printer yang menggunakan kepala
cetak berupa sekumpulan pin)
2. Daisy Wheel, (Printer yang menggunakan roda
berisi karakter-karakter)
3. Line Printer, (Printer yang mencetak satu
baris perwaktu)
4. Thermal, Printer thermal merupakan
pilihan terbaik bagi keluaran yang cetakan berwarna dengan kualitas tinggi.
Cetakan berwarna printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin atau parafin,
dan panas akan membakar titik-titik pada kertas khusus tersebut sehingga hasil
cetakannya pun bagus. Untuk cetakan hitam putih, printer thermal tidak
memerlukan kertas khusus bisa dengan kertas biasa.
5. Ink-Jet, Printer Ink-Jet adalah printer
yang memberikan cetakan dengan cara menyemprot titik-titik tinta yang bermuatan
listrik ke kertas cetakan, printer ini bisa digunakan untuk cetak berwarna atau
hitam putih, mencetak pada kertas biasa atau pad plastic untuk bahan
presentasi.
6. Laser, Printer Laser yang memberikan
hasil yang terbagus, printer ini dirancang untuk komputer Mainframe karena
memiliki kecepatan sekitar 229 hal per menit, sedangkan untuk komputer PC
dengan kecepatan 4 sampai 25 hal per menit.
7. Multifungsi, Printer multifungsi merupakan
jenis printer yang memiliki berbagai fungsi, misalnya digunakan untuk :
fotocopy, scanner, bahkan ada bisa untuk fax
B. PERANGKAT LUNAK
(Software)
Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan
beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan
pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk
menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Perangkat Lunak (software) merupakan data
elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang
disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh
perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk
menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut
dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui
perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya.
Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya adalah
sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa
sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Secara umum, perangkat lunak (software) dapat
dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa Pemrograman dan
Perangkat Lunak Aplikasi.
1. SISTEM OPERASI
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung
antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada
sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal
analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan
teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan
masing- masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu
diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu
sendiri.
Macam-Macam Sistem
Operasi
Sistem Operasi jenisnya banyak sekali, kita
tinggal memilih jenis apa yang akan digunakan di komputer kita. Mulai dari yang
berlisensi sampai dengan yang gratis (open source), diantaranya adalah :
1. DOS.
2. Windows, beberapa versi windows : Windows 95,
Windows 98, Windows 2000 Profesional, Windows 2003, Windows XP Windows Vista.
3. Linux, macam-macam distro linux : Redhat,
Fodore, Core, Mandrake, Suse, Knoppix, Ubuntu/Edubuntu.
4. Apple System
5. Machintos
2. PERANGKAT LUNAK
BAHASA (LANGUAGE SOFTWARE)
Perangkat Lunak Bahasa (Language Program),
yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang
ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan
dipahami oleh komputer.
High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi)
Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang
mudah dimengerti oleh siapa saja yang mau belajar, karena bahasa ini dibuat
dengan menggunakan bahasa manusia sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi saat ini
biasa dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan bisnis
ataupun berbasiskan sains. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah : Basic,
dBase, Cobol, Pascal, C++, Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan masih
banyak yanga lainnya.
3. PERANGKAT LUNAK
APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat
lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya.
Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita.
Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :
a. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh
seorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang ataupun untuk
kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa
pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman
apa saja yang mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah :
Program penggajian karyawan (Payroll) Program penjualan tiket
pesawat/kapal Laut Program kasir, program billing warnet/wartel
b. Program Paket
Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket
tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu
Sistem Operasi. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi
paket, yaitu :
1. Program pengolah kata, contohnya adalah :
Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K
Writter, Amipro, dll.
2. Program pengolah angka, contohnya adalah :
Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll.
3. Program presentasi, contohnya adalah :
Microsoft Power point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel Presentation,
Apple Work, dll.
4. Program design grafis, contohnya adalah :
Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto Cad, dll.
5. Program browser, contohnya adalah : Internet
Explorer, Modzilla Firefox, Opera, Netscape Communicator.
6. Program database, contohnya adalah : Microsoft
Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro, Fox Base, Dbase I- IV, dll.
7. Program animasi, contohnya adalah : Macromedia
Flash, Swish, dll.
8. Program multimedia, contohnya : Windows Media
Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player, DVD Player,
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari penjelasan yang dilakukan diatas maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Perangkat keras dan perangkat lunak pada
komputer tidak dapat dipisahkan. Karena masing-masing saling membutuhkan.
2. Perkembangan perangkat keras dan perangkat
lunak pada komputer sangatlah tinggi. Dimana kini telah mengalami perkembangan
yang cukup signifikan.
3. Di waktu-waktu yang akan datang perkembangan
perangkat keras dan perangkat lunak akan meningkat tajam.
B. SARAN
Setelah mengkaji perangkat keras dan perangkat lunak pada
computer, maka penulis dapat member saran sebagai berikut:
1. Perlu dilakukan pendalaman terhadap
perkembangan dan kegunaan perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer.
2. Setiap mahasiswa untuk mempermudah proses
belajar mata kuliah perlu dapat mengoperasikan perangkat lunak dan perangkat
keras pada komputer.3
0 komentar:
Posting Komentar